Wednesday, November 26, 2008

Nasihat Menuju Pernikahan

Seorang sahabat memberikan langkah-langkah menuju pernikahan seperti ini

1. Luruskan niat anda, semata-mata mengharap ridho Alloh SWT. dalam
rangka menjaga dan menyempurnakan agama.

2. Buat Target yang realistis dan nampak jelas.
sebaiknya anda tulis target anda dalam sebuah buku atau lembaran. Tuliskan beberapa hal yang menjadi dream anda atas rencana pernikahan anda. Jika perlu tulis serinci dan sejelas mungkin. diantaranya:



  • Kapan anda rencana menikah,misal: umur 23, 25 , atau sebutkan bulan dan tahunnya, misal: Februari 2009.


  • Kriteria istri/suami idaman anda, misal: ingin istri yang sholihat, paham, mubalighot, putih dan cantik dan sebagainya sesuai harapan anda. Saran saya, sebaiknya jangan terlalu muluk-muluk, yang penting sholihat dan cantik (halah!)

    Setelah anda menulis target waktu menikah dan kriteria calon istri/suami, lakukan langkah selanjutnya:


  • Gunakan target anda diatas, sebagai kalimat doa anda kepada Alloh SWT, Mintalah kepada Alloh dengan doa dan harapan serinci mungkin. Misal:

    Ya Alloh, semoga di umur 25 tahun nanti aku sudah bisa menikah.
    Semoga aku mendapatkan istri yang sholihat, paham, cantik, berbudi pekerti yang luhur, bisa menjadi istri yang taat dan bisa menjadi ibu bagi anak-anakku.


    dan seterusnya, lebih terperinci insya Alloh lebih baik doa-doa yang terperinci ini, terus dibaca disetiap kesempatan. menjadi sebuah wiridan yang tak pernah berhenti sampe target itu tercapai!

    Akan ada cobaan, misal malas, ragu dan sebagainya, akan tetapi kuatkan niat anda dan baca kembali target-target yang telah anda tulis. Target anda harus MANTAP, jangan berubah-ubah di tengah jalan.

    Saran saya, rutinkan sholat hajat. kemudian baca kembali doa-doa anda seperti diatas.

  • Miliki amalan-amalan andalan, untuk amalan andalan, silahkan sesuai kemampuan masing-masing, yang penting rutin dan konsisten, misal sholat tobat, sholat tasbih, puasa senin kamis dan sebagainya.

  • Menjadi ahli tobat, terkadang terhalangnya permintaan kita karena masih banyaknya dosa yang belum dimintakan ampun, maka segeralah minta ampun bertobat kepada Alloh SWT. perbanyak istighfar dan sholat2 sunnah.

  • Yakin !, anda harus yakin bahwa doa dan target anda akan tercapai dengan
    pertolongan Alloh SWT. selanjutnya, yah... kita tinggal tawakal dan berserah diri kepada Alloh SWT.


Semoga berhasil dan Barokah!

Dari milis milisjokam

No comments: